Disnakertranskop UKM Barito Utara Dorong Inovasi Kerajinan Rotan melalui Pelatihan Lanjutan

Kepala Dinas Nakertranskop UKM Barito Utaram M Mastur didampingi Kepala Bidang UKM, Restani Menyerahkan Secara Simbolis Materi Pelatihan Anyaman Rotan Kepada Peserta, di Muara Teweh. Selasa, (17/09/2024). Foto/IST

POSSINDO.COM, Barito Utara -Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi, dan Usaha Mikro Kecil (Disnakertranskop UKM) Kabupaten Barito Utara kembali mengadakan pelatihan lanjutan anyaman rotan untuk para pelaku usaha mikro dan kecil di wilayah tersebut. Kegiatan ini berlangsung di Wisma Barakati, Muara Teweh, pada Selasa, 17 September 2024.

Kepala Disnakertranskop UKM Barito Utara, M Mastur, saat membuka pelatihan menyampaikan bahwa acara ini diikuti oleh kelompok pengrajin rotan lokal.

Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan peserta dalam mengolah kerajinan berbahan rotan yang dipadukan dengan material lain, seperti kulit.

“Peserta akan belajar modifikasi, inovasi, dan kreasi berbagai produk berbasis rotan yang berpotensi untuk dikembangkan, seperti tas, dompet, tempat tisu, gantungan kunci, gelang, hingga hiasan dinding,” ujar Mastur.

Ia juga menekankan pentingnya membangun kemitraan, baik dalam aspek teknologi, permodalan, maupun pemasaran, agar usaha ini dapat terus berkembang dan berjalan dengan baik.

"Diharapkan setelah pelatihan ini, peserta bisa menerapkan keterampilan yang diperoleh untuk mengembangkan dan meningkatkan usahanya masing-masing," tutupnya.(Wan)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال