DPRD Barito Utara Soroti Pentingnya Pengembangan Fasilitas Budidaya Ikan Lokal

Wakil Ketua Sementara DPRD Kabupaten Barito Utara, Parmana Setiawan. Foto/IST

POSSINDO.COM, Barito Utara -Wakil Ketua sementara DPRD Kabupaten Barito Utara, Parmana Setiawan menyoroti pentingnya pengembangan sektor perikanan di Barito Utara, terutama dalam hal peningkatan produksi benih ikan.

Ia mengungkapkan bahwa kebutuhan akan bibit ikan di wilayah tersebut saat ini masih harus dipenuhi melalui pasokan dari luar daerah, seperti dari Kalimantan Selatan.

"Saat ini, kita masih sangat bergantung pada pasokan bibit ikan dari luar daerah, termasuk dari Kalimantan Selatan dan sekitarnya," ungkapnya, Senin (09/09/2024).

Ia juga menekankan bahwa Barito Utara sebenarnya sudah memiliki beberapa fasilitas budidaya ikan yang dikelola oleh Dinas Perikanan, seperti Balai Benih Ikan (BBI) di Trinsing dan Lahei, yang berpotensi besar untuk meningkatkan produksi benih ikan lokal.

"Kita memiliki fasilitas budidaya di BBI Trinsing dan BBI Lahei yang sangat potensial untuk pengembangan benih ikan, sehingga dapat mengurangi ketergantungan pada pasokan dari luar daerah," ujarnya.

Ia berharap sektor perikanan di Barito Utara terus dikembangkan agar produksi ikan lokal bisa mencukupi kebutuhan masyarakat. Ia juga menyerukan agar Dinas terkait memberikan perhatian lebih pada pengembangan pembenihan ikan, baik untuk memenuhi kebutuhan lokal maupun untuk peluang ekspor.

Dengan adanya penguatan sektor pembenihan ikan, diharapkan Barito Utara mampu menjadi daerah yang mandiri dalam memenuhi kebutuhan ikan sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang bergantung pada sektor perikanan.(Wan)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال