Dukung Peningkatan SDM Petani Karet, Dinas Nakertranskop Barito Utara Gelar Pelatihan Budidaya Karet

Sekretaris Dinas Nakertranskop UKM Barito Utara, Sampurna Murni Yati didampingi Kabid Transmigrasi, Kabid Tenaga Kerja, Menyerahkan Modul Pelatihan Secara Simbolis Kepada Dua Peserta, bertempat di Aula Kecamatan Teweh Tengah. Kamis, (05/09/2024). Foto/IST

POSSINDO.COM, Barito Utara -Tingkatkan sumber daya manusia (SDM) serta kesejahteraan para petani karet, Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi, dan UKM Kabupaten Barito Utara, mengadakan pelatihan budi daya tanaman karet sebagai bagian dari program perencanaan kawasan transmigrasi untuk tahun 2024.

Sebanyak 50 peserta dari beberapa desa, termasuk Desa Rimba Sari, Desa Beringin Raya, Desa Trahean, dan Desa Sei Rahayu I dan II, turut berpartisipasi dalam pelatihan ini, menunjukkan antusiasme dan niat mereka untuk meningkatkan keahlian dan kapasitas dalam budi daya tanaman karet.

Sekretaris Dinas Nakertranskop UKM Barito Utara, Sampurna Murni Yati, menekankan bahwa pelatihan ini diharapkan dapat memberikan dampak signifikan terhadap pembangunan ekonomi lokal, terutama bagi masyarakat yang bermukim di kawasan transmigrasi. Kegiatan ini sejalan dengan visi dan misi kepala daerah Barito Utara periode 2018-2023.

Sementaram Ketua panitia pelaksana sekaligus Kepala Bidang Transmigrasi pada Dinas Nakertranskop UKM Barito Utara, Herni Susanti, menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani karet. Dalam pelatihan ini, para petani diajarkan teknik budidaya tanaman karet mulai dari tahap pembibitan, perawatan, hingga pemanenan dan pengolahan hasil karet. Peningkatan produktivitas tanaman karet diharapkan dapat tercapai melalui pelatihan ini.

Selain itu, pelatihan ini juga bertujuan untuk membangkitkan minat peserta dalam berinovasi dan memahami strategi pemasaran yang cepat dan tepat sasaran. Dengan demikian, diharapkan kesejahteraan petani akan meningkat serta pengangguran di Kabupaten Barito Utara dapat berkurang.(Wan)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال