Harga Beras di Indonesia Termahal se-ASEAN, Badan Pangan Buka Suara

Badan Pangan Nasional (Bananas) Buka Suara Terkait Harga Beras RI. Foto/Net

POSSINDO.COM, Ekonomi -Badan Pangan Nasional (Bananas) buka suara soal pernyataan Bank Dunia yang menyebut harga beras di Indonesia menjadi yang termahal di ASEAN.

Direktur Distribusi dan Cadangan Pangan Bapanas mengatakan Rachmi Widiriani mengatakan harga beras dalam negeri mahal karena biaya produksi yang besar. Karena itu, petani menaikkan harga agar tetap mendapatkan keuntungan.

"Memang betul harga beras di dalam negeri saat ini tinggi, tapi memang biaya produksinya juga sudah tinggi, sehingga kalau kita runut dari cost factor produksi beras di dalam negeri, kalau kita perhatikan memang tinggi, jadi petani juga berhak mendapatkan keuntungan," kata Rachmi, di Bali, dikutip Antara, Jumat (20/9).

Rachmi melanjutkan saat ini petani mendapat keuntungan yang cukup karena harga gabah dibeli di atas Harga Pembelian Pemerintah (HPP). Nilai Tukar Petani (NTP) khususnya tanaman pangan, sambungnya, juga sedang dalam kondisi yang baik.

Adapun NTP merupakan salah satu indikator kesejahteraan petani. NTP merupakan perbandingan antara indeks harga yang diterima petani dengan indeks harga yang dibayar petani.

Rachmi mengatakan harga beras sebenarnya bisa ditekan apabila petani menggunakan benih yang bagus sehingga bisa meningkatkan produksi.

"Kalau benihnya bagus, nanti produktivitasnya meningkat, maka produksi satuan lahan itu juga meningkat, petani akan mendapatkan gen atau hasil dari penjualannya lebih bagus. Mungkin lama-lama kalau misalnya semakin luas lahan pertanian dengan perbaikan-perbaikan yang dilakukan, harga akan relatif menjadi stabil," ujarnya.

Sumber : cnnindonesia.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال