Imbau Warga Waspada Cacar Monyet, Dinkes Balangan Perkuat Pengawasan dan Sosialisasi

Plt Kepala Dinas Kesehatan Balangan, Ahmad Sauki. Foto/IST

POSSINDO.COM, Balangan -Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Balangan, mengingatkan masyarakat agar tetap waspada terhadap penyebaran virus cacar monyet atau Monkeypox (Mpox), yang mulai terdeteksi di Indonesia.

"Kami mengimbau warga untuk lebih waspada terhadap cacar monyet, mengingat sudah ada kasus yang terkonfirmasi di daerah lain," ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Balangan, Ahmad Sauki, di Paringin, Rabu (04/09/2024).

Ia juga menyarankan, jika ada masyarakat yang mengalami gejala-gejala cacar monyet, sebaiknya segera memeriksakan diri ke puskesmas atau rumah sakit terdekat.

Sauki menjelaskan, gejala awal infeksi virus Mpox biasanya meliputi demam, sakit kepala, nyeri otot, dan pembengkakan kelenjar getah bening. Selanjutnya, dalam beberapa hari, akan muncul ruam kulit yang kemudian berkembang menjadi lesi, dan akhirnya mengelupas.

Dinas Kesehatan Balangan, lanjut Sauki, telah mengambil langkah antisipatif dengan memperkuat deteksi dini, pemantauan ketat, serta merespons cepat setiap perkembangan terkait penyebaran virus ini.

Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan instansi terkait, memperkuat surveilans berbasis masyarakat yang didukung tim surveilans puskesmas, serta meningkatkan kapasitas pelayanan kesehatan dan sistem rujukan.

"Kami berharap melalui berbagai upaya ini, Kabupaten Balangan tetap bebas dari kasus terduga maupun terkonfirmasi cacar monyet. Hingga saat ini, tidak ada laporan adanya pasien yang menunjukkan gejala virus Mpox di wilayah kami," tambahnya.(Wahid)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال