Kerja Sama Pemkab Pulang Pisau dan PLN: Dorong Pengembangan Biomassa untuk Transisi Energi

Pemkab Pulang Pisau Tandatangani Nota Kesepahaman (MoU) Pengembangan Potensi Daerah Transisi Energi, bertempat di Kasiari Hotel Lumire, Jakarta. Selasa, (10/09/2024). Foto/IST

POSSINDO.COM, Pulang Pisau -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau resmi menjalin kerja sama dengan PT PLN Energi Primer Indonesia dan PT PLN Nusantara Power melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) untuk mengembangkan potensi daerah guna mendukung transisi energi serta mencapai target Net Zero Emission.

Pj Bupati Pulang Pisau, Nunu Andriani, menyampaikan apresiasinya atas kesepakatan tersebut. Menurutnya, langkah ini sejalan dengan komitmen Pemkab dalam mendukung pengembangan energi terbarukan di wilayahnya.

"Kami sangat menyambut baik kolaborasi ini, terutama terkait pengembangan daerah untuk mendukung transisi energi dan pencapaian Net Zero Emission, seperti yang disampaikan oleh Bapak Rachmanoe Indarto. Ini sejalan dengan upaya-upaya yang telah kami lakukan sejauh ini," ujar Nunu.

Lebih lanjut, Nunu menekankan pentingnya tindak lanjut dari kesepakatan ini, khususnya dalam memaksimalkan potensi biomassa yang ada di Kabupaten Pulang Pisau untuk mendukung operasional PT PLN Nusantara Power.

Sebagai informasi, biomassa merupakan bahan organik yang dihasilkan dari tanaman dan banyak dimanfaatkan sebagai sumber energi. Selain itu, biomassa juga digunakan sebagai bahan bangunan, pakan ternak, dan berbagai keperluan lainnya.

Nunu menambahkan bahwa dengan pengembangan biomassa, potensi ekonomi desa-desa di Pulang Pisau dapat semakin ditingkatkan, khususnya melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Kolaborasi ini diharapkan mampu menciptakan sinergi yang bermanfaat bagi perekonomian lokal dan memperkuat upaya menuju penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan.(Sam)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال