Menkumham Dorong Kading untuk Dukung Sektor Industri Tekstil Lokal

Industri tekstil di Indonesia kian lesu, tergerus kinerja ekspor yang menurun, sementara impor ke pasar domestik membeludak. Foto/Bisnis - Rachman
 
POSSINDO.COM, Ekonomi -Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia (Menkumham) Supratman Andi Agtas meminta anggota Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia untuk mendukung sektor industri tekstil yang tengah menghadapi tantangan. Industri tekstil Indonesia harus menghadapi banjirnya barang impor sehingga sulit untuk menguasai pasar domestik.
 
"Saya titip tidak hanya terfokus pada industri yang berbasis sumber daya alam, tapi juga manufaktur menjadi yang sangat urgen bagi kita karena itu padat karya juga. Mungkin menjadi tantangan teman-teman semua industri tekstil kita sekarang mengalami masalah yang besar," ujarnya dikutip dari Media Indonesia, Senin, 16 September 2024.


Supratman mengatakan kondisi industri tekstil yang sedang menurun menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah. Di sisi lain bantuan dari mitra seperti Kadin sangat penting untuk mencari solusi terbaik menyelamatkan industri tekstil yang selama ini menyerap banyak tenaga kerja.

Kadin selalu organisasi yang menjadi wadah bagi pengusaha memiliki peran penting. Menurutnya, selain bisa ekspor, industri tekstil setidaknya mampu menguasai pasar domestik. Untuk itu, investasi di sektor tersebut dan dukungan lain seperti substitusi impor bahan baku bisa menghidupkan kembali industri tekstil.

"Minimal kalau kita ingin membangun industri berbasis ekspor setidak-tidaknya satu. Kalau pun kita belum bisa ekspor artinya mensubtitusi impor itu sudah jauh lebih bagus dalam membantu pemerintah," imbuhnya.

Sumber : metrotvnews.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال