Pelatihan BTCLS Tingkatkan Kompetensi Perawat Puskesmas Barito Utara dalam Penanganan Gawat Darurat

Para Peserta Pelatihan BTCLS dari 17 Puskesmas se-Barito Utara Mengikuti Pelatihan yang Disampaikan oleh Tim Instruktur, bertempat di Aula Dinas Kesehatan Barito Utara. Rabu, (04/09/2024). Foto/Dinkes Barito Utara

POSSINDO.COM, Barito Utara -Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Barito Utara mengadakan pelatihan Basic Trauma Life Support (BTCLS) untuk para perawat di wilayah Puskesmas lingkup Dinas Kesehatan Barito Utara

Pelatihan ini berlangsung selama enam hari, mulai dari 1 hingga 6 September 2024, dan diselenggarakan di aula Dinas Kesehatan. Kegiatan ini menggunakan metode hybrid, dengan tiga hari pelatihan daring dari lokasi masing-masing dan tiga hari pelatihan tatap muka di aula dinas.

Sebanyak 30 peserta dari 17 Puskesmas di Kabupaten Barito Utara turut serta dalam pelatihan ini. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Utara, Pariadi, menjelaskan bahwa program ini dirancang khusus untuk para perawat serta mahasiswa keperawatan tingkat akhir dan perawat yang baru lulus.

"Pelatihan dasar ini penting untuk menjaga dan meningkatkan kompetensi perawat dalam menangani keadaan darurat, termasuk pelatihan dasar, intermediate, hingga advanced," ujar Pariadi. Ia menekankan bahwa peran Puskesmas sebagai garda terdepan dalam layanan kesehatan primer sangat penting, dan pelatihan seperti BTCLS dapat memberikan kemampuan yang dibutuhkan oleh perawat untuk menangani keadaan darurat atau bencana.

Lebih lanjut, Pariadi menyatakan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meminimalkan risiko kematian, kerusakan organ, dan kecacatan pada korban trauma dan penyakit kardiovaskular. Ia juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang mendukung dan berpartisipasi dalam penyelenggaraan BTCLS tahun ini.(Wan)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال