Pelatihan Pengolahan Jagung Jadi Pakan Ternak: Disnakertranskop UKM Barito Utara Dorong Produktivitas UMKM

Kegiatan Pelatihan Pengolahan Jagung Menjadi Pakan Ternak bagi Pelaku Usaha Mikro dan Kecil Menengah (UMKM). Rabu, (11/09/2024). Foto/IST

POSSINDO.COM, Barito Utara -Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi, dan UKM (Disnakertranskop UKM) Barito Utara menyelenggarakan pelatihan pengolahan jagung menjadi pakan ternak yang diikuti oleh para pelaku UMKM di Aula Barakati, Muara Teweh.

Berbagai program pelatihan teknis yang sudah dilaksanakan meliputi budidaya madu kelulut, pengelolaan ayam petelur, kerajinan rotan dengan kombinasi kulit, layanan servis kendaraan roda dua, operator komputer, menjahit dengan mesin, serta pelatihan kewirausahaan, pengemasan, dan desain produk.

Pelatihan tersebut diikuti oleh puluhan peserta dari kalangan UMKM, serta turut dihadiri oleh Sekretaris Disnakertranskop UKM, Sampurna Murni Yati, dan sejumlah pejabat lainnya dari dinas terkait.

Menurut Sampurna Murni Yati, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) bagi pelaku UMKM sangat penting guna membantu mereka dalam meningkatkan produktivitas, efisiensi kerja, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan keuntungan.

"SDM yang berkualitas dan terlatih akan memperkuat kemampuan UMKM untuk bersaing di pasar, serta mendukung pengembangan bisnis mereka secara lebih efektif. Selain itu, peningkatan SDM juga mendorong inovasi dan kemampuan adaptasi terhadap perubahan pasar, sehingga mereka lebih siap menangkap peluang baru dan mengembangkan produk atau layanan yang sesuai dengan permintaan pasar," ungkapnya, Kamis (12/09/2024).

Pelatihan-pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan para pelaku UMKM sehingga dapat lebih berdaya saing dan berinovasi dalam menghadapi tantangan pasar yang terus berkembang.(Wan)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال