Pemerataan Akses Olahraga di Balangan, Fasilitas Bakal Dibangun di Berbagai Desa

Ilustrasi Masyarakat sedang Berolahraga. Foto/Pinterest

POSSINDO.COM, Balangan -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan terus berupaya memperluas akses masyarakat terhadap olahraga dengan mengalokasikan anggaran untuk pembangunan sarana dan prasarana olahraga. Proyek ini akan dikelola melalui Dinas PUPR dan Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata (Disporapar).

Kepala Bagian Administrasi Pembangunan, Taufiqurrahman, pada Selasa (10/09/2024), mengungkapkan bahwa hasil pemantauan menunjukkan lokasi pembangunan fasilitas olahraga akan ditempatkan di beberapa titik permukiman warga, guna memastikan penggunaannya dapat dirasakan oleh masyarakat luas.

"Penempatan ini bertujuan agar seluruh kalangan masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas olahraga secara optimal," jelasnya.

Ia juga merinci sejumlah lokasi pembangunan, seperti lapangan voli di Desa Juuh, Balida, dan perumahan Rizky Balangan Residence, serta lapangan futsal yang akan dibangun di Desa Banua Hanyar, Juai, dan Pamatang. Selain itu, lapangan tenis di Desa Batumandi akan direhabilitasi, sementara lapangan sepak bola di Desa Tampang akan diperluas. Fasilitas olahraga Tepian di Kelurahan Paringin juga akan mendapatkan perbaikan.

Selain itu, proyek yang paling banyak dilakukan adalah peningkatan gedung atau lapangan bulutangkis yang tersebar di banyak desa, seperti Batu Merah, Hujan Mas, Sikontan, Bungin, hingga Nungka, serta beberapa perumahan seperti Cahaya Muhibbin dan Rizky Residence.

Tak hanya olahraga modern, perhatian juga diberikan kepada olahraga tradisional, seperti pembangunan lapangan balogo di Desa Riwa dan Batumandi. Sementara itu, pembangunan gedung olahraga serbaguna direncanakan di beberapa desa, termasuk Panimbaan, Tanah Habang Kiri, dan Teluk Karya.

Taufiqurrahman juga menambahkan bahwa saat ini, pembangunan fasilitas bulutangkis di kompleks perkantoran dan lapangan tembak di Kecamatan Paringin Selatan tengah berlangsung.

Dalam upaya meningkatkan prestasi olahraga, Pemkab Balangan juga merancang pembangunan sarana olahraga yang belum tersedia di wilayah tersebut. Sebagai langkah lanjutan, Bapperida telah menyusun masterplan untuk Sport Center Kawasan Terpadu, yang akan menjadi pusat kegiatan olahraga dengan berbagai fasilitas, termasuk stadion sepak bola dan gelanggang renang.(Wahid)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال