Pemkab Balangan Beri Apresiasi Bagi 10 Inovasi Terbaik pada Lomba Bailang

Penyerahan Penghargaan kepada Sepuluh Inovasi Terbaik dari Lomba Inovasi Balangan (Bailang). Foto/IST

POSSINDO.COM, Balangan -Dalam suasana meriahnya Festival Budaya Banua Sanggam yang digelar di Lapangan Martasura, Paringin, pada Rabu 04 September 2024, Pemerintah Kabupaten Balangan melalui Badan Perencanaan, Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) memberikan apresiasi kepada sepuluh inovasi terbaik dari Lomba Inovasi Balangan (Bailang).

Kepala Bapperida Balangan, Rakhmadi Yusni, menyampaikan bahwa penghargaan ini diberikan kepada inovasi-inovasi unggulan dari seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang turut serta dalam ajang tersebut.

Lebih lanjut, Rakhmadi mengungkapkan rencana ke depan untuk memperluas cakupan peserta, sehingga tak hanya SKPD yang terlibat, tetapi juga tenaga pendidik, desa, hingga pelaku UMKM di Balangan.

"Lomba ini bertujuan utama untuk meningkatkan kualitas layanan pemerintahan kepada masyarakat. Harapannya, inovasi-inovasi yang muncul akan menjadi budaya dalam melayani warga dengan lebih baik," ujar Rakhmadi.

Salah satu inovasi yang paling mencuri perhatian dalam perlombaan ini adalah karya dari RSUD Datu Kandang Haji Balangan, yang digagas oleh Muhammad Fitrah. Inovasi bertajuk "Papah Modis Dalang Batik" berhasil menyabet juara pertama.

Muhammad Fitrah menyampaikan rasa syukur atas pencapaian tersebut dan menjelaskan bahwa "Papah Modis Dalang Batik" berfokus pada pengelolaan limbah non-medis yang diolah menjadi produk daur ulang, seperti paving block dan batako plastik.

"Alhamdulillah, inovasi ini mendapat kepercayaan sebagai juara pertama. Fokus utama kami adalah mengatasi masalah limbah medis, khususnya untuk mencegah penyalahgunaan seperti botol infus bekas," ungkapnya.(Wahid)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال