Pemkab Balangan Tingkatkan Infrastruktur Transportasi untuk Dukung Konektivitas IKN

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Balangan Menjadi Leading Sektor dalam Pelaksanaan Program “Balangan Terang”. Foto/Humas Dishub Balangan

POSSINDO.COM, Balangan -Kabupaten Balangan terletak di jalur strategis transportasi darat menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Untuk mendukung konektivitas ke IKN, Pemerintah Kabupaten Balangan tengah mempersiapkan berbagai sarana dan prasarana perhubungan. Dana dialokasikan melalui Dinas Perhubungan dan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR).

Dalam upaya mengurangi potensi kecelakaan di daerah rawan, Dinas Perhubungan memperkuat fasilitas keselamatan di jalan raya. Ini mencakup pemasangan rambu-rambu serta alat penerangan jalan.

Disampaikan Taufiqurrahman, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan, pada Selasa (17/09/2024), monitoring dari Bagian Administrasi Pembangunan menunjukkan bahwa target penyelesaian tahun ini meliputi pemasangan 2.403 unit penerangan jalan, 22 unit lampu tenaga surya, 40 unit lampu peringatan lalu lintas, dan 50 unit rambu serta perlengkapan jalan.

"Lokasi pemasangan tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Balangan," jelasnya.

Selain itu, Pemkab Balangan juga tengah merevitalisasi Terminal Paringin dengan konsep modern dan penambahan fasilitas layanan. Proses ini sudah dimulai tahun lalu dengan penyusunan studi kelayakan relokasi oleh Badan Perencanaan Pembangunan dan Riset Inovasi Daerah.

"Terminal baru ini akan berlokasi di tepi jalan nasional, Jalan A. Yani, di samping Masjid Al Akbar Paringin. Tahun ini pembangunan fisik dilanjutkan oleh Dinas PUPR," tambahnya.

Saat ini, progres pembangunan baru mencapai tahap konstruksi dinding penahan tanah dan jalan. Terminal ini diproyeksikan akan selesai sepenuhnya pada tahun 2028.(Wahid)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال