Pemkab Barito Utara Gelar Konsultasi Publik KLHS Tata Ruang RTRW 2025-2045: Membangun Tata Ruang Berkelanjutan untuk Masa Depan

Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Kesejehateraan Rakyat, drg Dwi Agus Setijowati  sampaikan sambutan Pj Bupati Drs Muhlis pada pembukaan konsultasi publik I penyusunan dokumen KLHS RTRW Barito Utara tahun 2025-2045, bertempat di aula Hotel Senyiur Muara Teweh. Senin, (23/09/2024). Foto/IST

POSSINDO.COM, Barito Utara -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Utara telah menggelar konsultasi publik I sebagai langkah awal dalam menyusun Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) untuk Rencana Umum Tata Ruang Wilayah (RTRW) Tahun 2025-2045.

Staf Ahli Bupati Barito Utara di bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, drg. Dwi Agus Setijowati, menyampaikan harapannya agar acara ini dapat menyinkronkan berbagai program di setiap satuan kerja perangkat daerah untuk dua dekade mendatang.

Dwi menekankan pentingnya KLHS dalam memastikan penerapan prinsip pembangunan berkelanjutan sebagai dasar bagi langkah-langkah strategis yang akan diambil, baik dalam kebijakan, rencana, maupun program pembangunan.

Dalam penjelasannya, Dwi menyoroti bahwa KLHS untuk RTRW Barito Utara disusun karena pentingnya tata ruang wilayah yang relevan dengan rencana umum yang mencakup struktur dan pola ruang selama dua dekade ke depan.

Dia juga menjelaskan beberapa tujuan penyusunan KLHS, termasuk kajian dampak perencanaan RTRW, pengembangan program terkait, serta rekomendasi perbaikan yang mengintegrasikan prinsip pembangunan berkelanjutan.

KLHS RTRW merupakan serangkaian analisis sistematis dan menyeluruh yang melibatkan partisipasi berbagai pihak, bertujuan untuk memastikan bahwa prinsip-prinsip pembangunan wilayah terintegrasi dalam rencana penataan ruang, sehingga kerusakan lingkungan dapat dihindari.

Keterlibatan publik dalam perencanaan dan evaluasi kebijakan diharapkan dapat meningkatkan legitimasi hasil rencana tersebut, serta menciptakan ruang bagi masyarakat dan pemangku kepentingan untuk memberikan masukan dan saran yang diperlukan.

"Saya berharap, melalui konsultasi publik ini, kita dapat mengumpulkan masukan yang berguna dalam penyusunan KLHS RTRW di daerah ini, sehingga alokasi dan pola pemanfaatan ruang dapat mendukung pencapaian tujuan pembangunan," tambah Dwi.(Wan)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال