Peningkatan Fasilitas di Wisata Sungai Maranting, Ditargetkan Selesai Tahun Ini

Puluhan pengunjung saat berwisata di Sungai Maranting Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan Beberapa Waktu lalu. Foto/IST

POSSINDO.COM, Balangan -Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Balangan, terus melakukan upaya perbaikan di berbagai lokasi wisata, salah satunya di objek wisata Sungai Maranting yang terletak di Kecamatan Tebing Tinggi.

Pelaksana Tugas (Plt) Kadisporapar Balangan, Melda Risda Elfa, mengungkapkan bahwa pihaknya fokus mempercepat proses penataan kawasan wisata tersebut dengan membangun sejumlah fasilitas umum seperti toilet, mushola, serta gazebo untuk kenyamanan pengunjung.

“Kami terus mendorong pembenahan di Sungai Maranting. Berbagai fasilitas seperti toilet, mushola, dan gazebo tengah dibangun. Selain itu, kami juga menyiapkan homestay bagi pengunjung yang ingin menginap,” jelas Melda di Paringin, Senin (09/09/2024).

Menurutnya, pembangunan mushola dan homestay sudah mencapai 80 persen, sedangkan gazebo baru sekitar 30 persen dan diharapkan semuanya rampung tahun ini.

Untuk masuk ke wisata Sungai Maranting, pengunjung dikenakan tiket sebesar Rp5.000 untuk sepeda motor dan Rp10.000 untuk mobil. Pengelolaan tiket dilakukan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat.

Sungai Maranting berjarak sekitar 33 kilometer dari Kota Paringin, ibu kota Kabupaten Balangan, dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar satu jam. Selama perjalanan menuju lokasi, pengunjung juga disuguhi pemandangan alam yang memukau, seperti Goa Gunung Batu dan hamparan pegunungan hijau yang asri.(Wahid)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال