Pj Bupati Barito Utara Buka Konsultasi Publik Tahap 1 : Langkah Inklusif Menuju Perencanaan Tata Ruang Berkelanjutan

Kegiatan Konsultasi Publik I Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) untuk wilayah perencanaan Kecamatan Montallat. Foto/IST

 
POSSIND.COM, Barito Utara -Pj Bupati Barito Utara, Muhlis secara resmi membuka kegiatan Konsultasi Publik Tahap 1 (KP-1) untuk Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) wilayah perencanaan Kecamatan Montallat. Acara ini berlangsung di aula Senyiur, Muara Teweh, pada Selasa, 17 September 2024.
 
Ia menjelaskan bahwa pada tahun 2024, Kabupaten Barito Utara menerima dukungan teknis untuk penyusunan rencana detail tata ruang, yang dibiayai melalui tambahan anggaran dari penerimaan negara bukan pajak.
 
"Dukungan ini merupakan bentuk perhatian dari pemerintah pusat dalam mendukung pembangunan daerah, khususnya dalam hal penataan ruang yang akan memberikan manfaat besar bagi seluruh masyarakat," ucapnya.
 
Lebih lanjut, Muhlis menyampaikan bahwa tujuan utama dari konsultasi publik dalam penyusunan RDTR dan KLHS adalah untuk memastikan bahwa perencanaan yang dilakukan tidak hanya efisien dan berkelanjutan, tetapi juga memperhatikan kepentingan dan aspirasi masyarakat setempat.
 
"Melalui kegiatan ini, kita dapat mendengar langsung masukan dari masyarakat mengenai kebutuhan, harapan, serta kekhawatiran mereka terkait rencana tata ruang dan dampaknya terhadap lingkungan," ujarnya.
 
Di samping itu, kegiatan ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk terlibat aktif dalam proses perencanaan, sehingga hasil akhirnya lebih inklusif dan sesuai dengan kondisi lokal. Selain itu, masyarakat akan mendapatkan pemahaman yang lebih jelas mengenai RDTR dan KLHS, sehingga mereka memahami tujuan, proses, dan dampak dari rencana yang diusulkan.(Wan)
 
Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال