Sebanyak 1600 Peserta Diberangkatkan Ikuti Program Pelatihan Sertifikasi, Magang, dan Penempatan Kerja

Pelepasan 1.600 Peserta untuk Mengikuti Program Pelatihan Sertifikasi, Magang, dan Penempatan Kerja. Foto/IST

 
POSSINDO.COM, Balangan -Sebanyak 1.600 peserta dari Kabupaten Balangan resmi diberangkatkan untuk mengikuti program pelatihan sertifikasi, magang, dan penempatan kerja yang digelar oleh Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, dan Tenaga Kerja (DKUKMTK) Kabupaten Balangan pada Jumat 20 September 2024.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala DKUKMTK Balangan, Abdurrahman Arrahimi, Senin (23/09/2024) menyampaikan bahwa pelatihan ini nantinya mencakup 25 kategori dan melibatkan kerja sama dengan 43 lembaga pelatihan serta perusahaan mitra.

Sebagai langkah strategis, DKUKMTK juga telah menandatangani nota kesepahaman dengan dua perusahaan besar, PT Vista Utama dan PT Jalasena Cakra Perkasa, guna membuka lebih banyak peluang kerja bagi para peserta.

Selain itu, Pemkab Balangan melalui DKUKMTK meluncurkan aplikasi Labor Market Balangan, sebuah platform yang menyajikan database tenaga kerja bersertifikasi serta informasi lowongan pekerjaan melalui fitur Lamar Begawi. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu perusahaan dalam mencari tenaga kerja lokal yang memiliki keahlian khusus.

Bupati Balangan, yang melepas langsung peserta pelatihan tersebut, mengungkapkan harapannya agar para peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan keterampilan mereka. Ia menjelaskan bahwa meskipun tidak semua peserta akan langsung ditempatkan, mereka akan terdaftar dalam database yang bisa diakses oleh berbagai perusahaan besar.

“Para peserta akan masuk dalam sistem database tenaga kerja bersertifikasi, sehingga nantinya perusahaan yang membutuhkan tenaga terampil dapat langsung menghubungi mereka,” ucap Bupati.

Ia juga mengingatkan peserta untuk memastikan mereka telah terdaftar dalam program asuransi tenaga kerja serta mengikuti seluruh pelatihan dengan sungguh-sungguh.(Wahid)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال