Sebanyak 19 Perguruan Tinggi di Kalsel Siap Terima Mahasiswa Program Beasiswa 1000 Sarjana Kabupaten Balangan

Bupati Kabupaten Balangan, Abdul Hadi. Foto/IST

POSSINDO.COM, Balangan -Bupati Balangan, Abdul Hadi, mengungkapkan bahwa sebanyak 19 perguruan tinggi di Kalimantan Selatan telah siap menerima mahasiswa asal Kabupaten Balangan untuk mengikuti program kuliah gratis sebagai bagian dari inisiatif beasiswa 1.000 sarjana.

"Program ini dirancang untuk meringankan beban warga Balangan yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di wilayah Banjarmasin, Banjarbaru, Hulu Sungai Utara, dan Balangan sendiri," jelas Abdul Hadi, Selasa (10/09/2024).

Ia menambahkan bahwa setiap warga yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kabupaten Balangan dapat mengajukan beasiswa ini, asalkan berminat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana. Program beasiswa ini bertujuan untuk mencetak sumber daya manusia unggul dan berdaya saing tinggi di kalangan masyarakat Balangan.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Balangan, Hilmi Arifin, juga menegaskan bahwa pemerintah kabupaten telah menjalin kerja sama dengan 19 perguruan tinggi di Kalsel untuk menyediakan program kuliah gratis ini.

"Pemerintah hanya membiayai Uang Kuliah Tunggal (UKT), yang pembayarannya dilakukan langsung oleh Pemkab Balangan kepada kampus, tanpa melalui mahasiswa," ujar Hilmi, Selasa (10/9/2024).

Hilmi menjelaskan lebih lanjut bahwa proses pendaftaran untuk mengikuti program ini dilakukan dengan mendaftar langsung ke kampus yang dituju. Setelah itu, data mahasiswa akan dikirimkan oleh pihak kampus kepada Pemkab Balangan untuk pendataan.

Berdasarkan catatan, sekitar 3.000 warga telah mendaftar program kuliah gratis ini, dengan sebagian besar berasal dari Kabupaten Balangan sendiri.(Wahid)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال