8 Cara Efektif Atasi Kantuk Berlebih Agar Tidak Ganggu Aktivitas Anda

llustrasi sering mengantuk. Foto/Shutterstock/fizkes

 POSSINDO.COM, Ragam -Merasa sering mengantuk dapat menurunkan produktivitas dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Lalu, bagaimana cara mengatasi mudah mengantuk?

Ternyata, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari rasa mengantuk terus-menerus, seperti minum kopi, makan camilan, tidur siang, dan berolahraga.

Namun, Anda yang merasa sering mengantuk hingga berdampak negatif untuk kegiatan sehari-hari perlu segera ke dokter karena bisa jadi merupakan gejala penyakit tertentu yang memerlukan pengobatan medis.

Bagaimana cara mengatasi mudah mengantuk?

Disarikan dari Health dan WebMD, berikut adalah beberapa cara mengatasi mudah mengantuk yang perlu diketahui.

1. Minum kopi

Kandungan kafein pada kopi merupakan stimulan yang bisa membuat Anda terhindar dari rasa kantuk.

Namun, minum kopi di sore dan di malam hari justru bisa membuat Anda sulit tidur sehingga Anda perlu membatasi konsumsinya dan hanya minum kopi di pagi hingga siang hari saja.

2. Makan camilan

Camilan dengan gula tinggi bisa meningkatkan energi di dalam tubuh, tetapi jika efeknya sudah hilang justru bisa membuat Anda lebih mengantuk.

Untuk itu, pilih camilan yang rendah gula dan tinggi serat, seperti yogurt dengan campuran kacang, sehingga energi di dalam tubuh bisa meningkat.

3. Mengatur asupan makanan

Makan makanan yang bernutrisi dengan meningkatkan asupan buah, sayuran, ikan berlemak, daging tanpa lemak, dan gandum utuh, akan mendukung kesehatan tubuh dan kualitas tidur.

4. Tidur siang

Tidur sebentar di siang hari selama sekitar 10-20 menit bisa mengembalikan energi di dalam tubuh dan jadi salah satu cara mengatasi ngantuk terus-menerus yang bisa dicoba.

Namun, Anda diimbau untuk tidak tidur terlalu lama karena justru bisa mengganggu kualitas tidur di malam hari dan membuat Anda semakin mengantuk.

5. Berolahraga

Berolahraga secara teratur selama 30 menit sehari tidak hanya akan membuat tubuh lebih berenergi, tetapi juga akan meningkatkan kualitas tidur.

Bahkan, olahraga yang dilakukan secara rutin dapat mengatasi rasa ingin tidur terus dalam jangka panjang.

6. Minum air putih yang cukup

Salah satu penyebab mengantuk terus adalah kekurangan cairan tubuh, atau dehidrasi.

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih setidaknya sebanyak dua liter setiap hari bisa membuat tubuh lebih berenergi dan menghindarkan dari rasa kantuk.

7. Meningkatkan kualitas tidur

Kualitas tidur yang buruk di malam hari bisa membuat badan lemas dan mengantuk.

Memperbaiki kualitas tidur, seperti dengan menciptakan suasana tidur yang nyaman, serta mengatasi gangguan tidur yang dialami akan menghindarkan Anda dari rasa mengantuk.

8. Mengelola stres

 

Tubuh akan mengeluarkan lebih banyak energi ketika Anda merasa stres sehingga jadi salah satu alasan kenapa mengantuk terus padahal sudah tidur cukup.

Sumber : kompas.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال