Amerika Beri Hibah untuk Uji Coba Solusi Smart City di IKN

Duta Besar AS untuk Indonesia Kamala Shirin Lakhdhir bertemu Penjabat Ketua OIKN, Mochamad Basuki Hadimuljono, yang juga Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI. Foto/IST/ investor.id

POSSINDO.COM, Ekonomi -United States Trade and Development Agency (USTDA) atau Badan Perdagangan dan Pembangunan Amerika Serikat memberikan hibah kepada Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) Indonesia untuk mendukung pengembangan pusat komando terpadu untuk pengelolaan infrastruktur smart city di ibu kota baru Indonesia, Nusantara. Hibah tersebut akan turut mendanai proyek percontohan yang menunjukkan solusi teknologi dari tujuh perusahaan AS.

Melansir dari siaran media Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia pada Senin (30/9/2024), Penjabat Ketua OIKN, Menteri Mochamad Basuki Hadimuljono mengatakan, “Kolaborasi ini menandai tonggak penting dalam upaya kami mengembangkan Nusantara sebagai model pembangunan perkotaan yang berkelanjutan dan inovatif.”

“Integrasi teknologi canggih ke dalam infrastruktur smart city tidak hanya akan meningkatkan kemampuan operasional kami tetapi juga meningkatkan kualitas hidup penduduk. Kemitraan ini mencerminkan komitmen kami untuk membangun ibu kota yang siap menghadapi masa depan yang berada di garis depan transformasi hijau dan digital,” lanjut sang menteri.

Hibah USTDA akan turut mendanai proyek percontohan pusat komando, bersama dengan kontribusi dari perusahaan teknologi AS, di antaranya adalah:

  • Autodesk, Inc. (San Francisco, CA), 
  • Amazon Web Services, Inc. (Seattle, WA), 
  • Cisco Systems, Inc. (San Jose, CA), 
  • Environmental Systems Research Institute, Inc. (Redlands, CA), 
  • Honeywell International, Inc. (Charlotte, NC), 
  • International Business Machines Corporation (Armonk, NY), 
  • Motorola Solutions, Inc. (Chicago, IL). 
Sumber : liputan6.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال