BPBD Balangan Gelar Bimtek REDKAR 2024: Tingkatkan Kapasitas Relawan Pemadam Kebakaran

Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembentukan dan Peningkatan Kapasitas Relawan Pemadam Kebakaran (REDKAR) tahun 2024, bertempat di Hotel Rattan Inn Banjarmasin. Foto/BPBD Balangan

POSSINDO.COM, Balangan -BPBD Balangan mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembentukan dan Peningkatan Kapasitas Relawan Pemadam Kebakaran (REDKAR) tahun 2024 selama dua hari.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memastikan kesiapan personel REDKAR di Kabupaten Balangan dalam menghadapi situasi darurat.

Materi yang diberikan dalam bimtek meliputi panduan, standar, dan prosedur teknis terkait penanggulangan kebakaran, serta pengenalan dan perawatan alat pemadam kebakaran.

Kepala Pelaksana BPBD Balangan, Rahmi, menyatakan bahwa para personel REDKAR yang berasal dari berbagai kecamatan dan desa diberikan pelatihan terkait penanganan kebakaran. Pelatihan tersebut mencakup langkah awal penanganan hingga proses pascakejadian.

Rahmi juga menjelaskan bahwa personel REDKAR memiliki peran penting dalam penanggulangan kebakaran, baik di kawasan pemukiman maupun Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Mengingat posisi mereka yang selalu siaga di lokasi masing-masing, mereka menjadi garda terdepan dalam penanganan kebakaran.

"BPBD Balangan selalu berkoordinasi dengan REDKAR saat terjadi kebakaran. Kehadiran mereka sangat penting agar dapat segera tiba di lokasi kejadian. Untuk itu, bimtek ini diperlukan demi memaksimalkan penanganan kebakaran," jelasnya, Senin (07/10/2024)

"Selain itu, kami juga melakukan simulasi lapangan terkait skenario penanggulangan kebakaran dan evakuasi korban," tambah Rahmi.(Wahid)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال