BPBD Balangan Gelar Simulasi dan Sosialisasi Tanggap Karhutla untuk Tingkatkan Kesiapsiagaan Masyarakat

Kegiatan Simulasi Tanggap Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Foto/BPBD Balangan

POSSINDO.COM, Balangan -Dalam upaya meningkatkan kesiapsiagaan dan mengantisipasi potensi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balangan menggelar Sosialisasi dan Simulasi Tanggap Bencana Karhutla di Kecamatan Paringin pada Senin, 21 Oktober 2024.

Jumaidil Hairi, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Balangan, mengungkapkan pada Selasa (22/10/2024) bahwa kegiatan ini merupakan langkah mitigasi serta upaya meningkatkan kapasitas masyarakat, terutama aparat desa dan satuan linmas di Kecamatan Paringin, agar lebih siap menghadapi bencana, khususnya karhutla.

BPBD Balangan menggandeng Manggala Agni Daops VI Kalimantan sebagai narasumber dalam sosialisasi ini. Narasumber tersebut memberikan materi seputar pencegahan (mitigasi) serta penanganan jika terjadi bencana karhutla.

“Materi sosialisasi dibagi menjadi dua sesi, yaitu teori di dalam ruangan dan praktik di lapangan. Para peserta juga diberikan pengenalan terhadap peralatan pemadam kebakaran,” jelasnya.

Dalam sesi simulasi, peserta dilatih cara menggunakan alat pemadam kebakaran, termasuk teknik penyemprotan air dan langkah-langkah penanggulangan kebakaran yang tepat.

Menurut Jumaidil, tujuan utama sosialisasi ini bukan hanya memberikan pemahaman lebih dalam mengenai karhutla, tetapi juga melatih peserta agar mampu menangani kebakaran secara efisien.

Ia juga berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesiapsiagaan dengan memberikan informasi yang tepat dan edukatif, sehingga masyarakat lebih siap dalam menghadapi situasi darurat.

Selain itu, kerjasama yang baik antara warga, pemerintah desa/kecamatan, serta instansi terkait juga menjadi salah satu sasaran, untuk memastikan koordinasi yang kuat dalam menghadapi bencana.

"Dengan pemahaman yang lebih baik, diharapkan peserta mampu melakukan tindakan pencegahan yang efektif guna mengurangi risiko dan dampak dari kebakaran hutan dan lahan," pungkasnya.(Wahid)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال