Deflasi Selama 5 Bulan Berturut, Sri Mulyani Beri Tanggapan

Menteri Keuangan, Sri Mulyani. Foto/Bisnis/Arief Hermawan P
 
POSSINDO.COM, Ekonomi -Menteri Keuangan Sri Mulyani buka suara soal deflasi yang terjadi selama lima bulan terakhir. Ia mengatakan deflasi terjadi karena penurunan harga pangan.
 
"Itu menurut saya merupakan suatu perkembangan yang positif karena akan sangat menentukan daya beli masyarakat terutama kelompok menengah bawah di mana pangsa atau peranan dari pengeluaran untuk makanan paling besar. Jadi kalau harga makanan stabil atau bahkan turun yang waktu itu sempat meningkat, maka itu adalah hal yang positif," katanya di kantor Kementerian Keuangan, Jumat (4/10).
 
Ia mengatakan jika inflasi dilihat dari komponennya, inflasi inti (core inflation) yang merupakan indikator permintaan atau agregat demand masih berada di level 2 persen.
 
"Ini artinya demand masih tinggi. Meskipun di situ juga ada harga emas di mana kenaikan harga emas dalam core inflation pasti mempengaruhi," imbuhnya.
 
Sri Mulyani mengatakan indikator daya beli masyarakat harus dilihat dari banyak sisi, di antaranya indeks kepercayaan konsumen (consumer confidence index) dan indeks ritel. Ia menyebut indeks-indeks itu masih di level stabil.
 
"Ini artinya di kelompok masyarakat yang direkam melalui indeks kepercayaan konsumen maupun dari sisi ritel masih menunjukkan adanya aktivitas yang cukup stabil," katanya.
 
Sumber : cnnindonesia.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال