Dewan Dukung Upaya Disnakertranskop UKM Tingkatkan Kompetensi Tenaga Kerja Lokal di Barito Utara

Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara, Patih Herman. Foto/IST

POSSINDO.COM, Barito Utara -Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara, Patih Herman, menyampaikan dukungannya terhadap langkah-langkah strategis yang diambil oleh Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Disnakertranskop UKM) dalam meningkatkan kompetensi tenaga kerja lokal.

Patih Herman menjelaskan bahwa salah satu inisiatif yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja lokal adalah melalui pelatihan teknis, seperti pelatihan operator alat berat (excavator, dump truck, tronton), pengemudi sarana LV, serta operator komputer. Program ini dilaksanakan oleh Disnakertranskop UKM Kabupaten Barito Utara.

“Pelatihan yang berbasis kompetensi dan advokasi ini bertujuan memberikan keterampilan teknis kepada peserta sekaligus pengalaman praktik di lapangan,” ungkapnya, Senin (07/10/2024).

Selain itu, Disnakertranskop UKM juga mengadakan Program Pemagangan Dalam Negeri (PDN), yang bertujuan agar peserta memperoleh pengalaman kerja langsung di perusahaan-perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Barito Utara.

Patih Herman, menambahkan bahwa Disnakertranskop UKM juga telah menandatangani MoU kerja sama dengan sejumlah perusahaan di daerah tersebut, serta lembaga pelatihan kerja (LPK) yang memiliki sertifikasi resmi sebagai penyelenggara pelatihan dengan instruktur bersertifikat.

Langkah lain yang diambil Disnakertranskop UKM adalah mengirimkan surat edaran kepada seluruh perusahaan yang beroperasi di wilayah tersebut, mengimbau agar mereka mengutamakan perekrutan tenaga kerja lokal sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Disnakertranskop UKM juga menggelar berbagai pelatihan berbasis komunitas bagi pelaku UKM dan koperasi, seperti pelatihan budidaya ayam petelur, produksi madu kelulut, pengolahan jagung menjadi pakan ternak, perbengkelan motor, barbershop, tata rias salon, pemasaran digital, digitalisasi koperasi dan UMKM, hingga kewirausahaan.

“Dengan berbagai program yang telah berjalan ini, cukup banyak tenaga kerja lokal dari Kabupaten Barito Utara yang telah terserap oleh perusahaan dan badan usaha lainnya yang beroperasi di daerah ini,”pungkasnya.(Wan)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال