Dinkes Kabupaten Balangan Kembali Gelar Pemeriksaan Kebugaran Para ASN dan Non-ASN untuk Tingkatkan Produktivitas

Pemeriksaan Kebugaran Jasmani para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan non-ASN di Lingkup Pemerintahan Kabupaten Balangan. Foto/IST

POSSINDO.COM, Balangan -Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Balangan kembali mengadakan pemeriksaan kebugaran jasmani, kali ini menyasar para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan non-ASN di lingkungan pemerintahan, Jumat (25/10/2024). Acara tersebut dilangsungkan di Ruang Terbuka Hijau Disporapar Balangan, Paringin Selatan.

Ini merupakan pemeriksaan kebugaran kedua yang diadakan oleh Dinkes Kabupaten Balangan. Sebelumnya, kegiatan serupa ditujukan untuk para calon jemaah haji di daerah tersebut.

Khusus untuk instansi pemerintah, pemeriksaan kebugaran ini adalah yang pertama kali diadakan dengan jadwal khusus bagi Badan Perencanaan, Pembangunan, Riset, dan Inovasi Daerah (Bapperida) Kabupaten Balangan.

Suriadi, seorang Sanitarian Ahli Muda dari Dinkes Kabupaten Balangan, mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengukur tingkat kebugaran ASN dan memberikan rekomendasi terkait latihan fisik yang sesuai.

"Harapan kami, dengan adanya pemeriksaan ini, seluruh pegawai dapat mengetahui kondisi kebugaran mereka. Sehat belum tentu bugar, jadi dengan menjaga kesehatan dan kebugaran, diharapkan produktivitas mereka juga meningkat," jelasnya.

Dalam pemeriksaan ini, terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui, mulai dari pemeriksaan tekanan darah, kolesterol, gula darah, hingga kadar asam urat. Berdasarkan hasil tersebut, dokter akan memutuskan apakah peserta perlu melakukan tes kebugaran berupa lari sejauh 1,6 kilometer atau berjalan selama enam menit. Dari tes ini, kondisi kebugaran setiap peserta dapat diketahui.(Wahid)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال