Disporapar Balangan Dorong Kompetensi SDM Pengelola Pariwisata Melalui Kegiatan Ceriwis Bang

Foto Bersama Peserta Acara "Cerita Wisata Bersama Pokdarwis Balangan" (Ceriwis Bang). Foto/ Disporapar Balangan

POSSINDO.COM, Balangan -Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Balangan kembali menggelar acara "Cerita Wisata Bersama Pokdarwis Balangan" (Ceriwis Bang) yang keempat kalinya di Wisata Pasar Budaya Racah Mampulang, Desa Balida, Kecamatan Paringin, pada Rabu, (02/10/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) yang mengelola sektor pariwisata, terutama dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), yang memiliki peran kunci dalam mengembangkan pariwisata di Balangan.

Kepala Bidang Pengembangan Daya Tarik Destinasi Wisata Kabupaten Balangan, M. Sigit Kondang Wibowo, menjelaskan bahwa acara ini mendukung program dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang berfokus pada pengembangan SDM di sektor pariwisata lokal.

“Program Kemenparekraf, khususnya mengenai storytelling, bertujuan agar para pengelola Pokdarwis dapat menguasai sejarah dan keunikan destinasi wisata yang mereka kelola, sehingga bisa menyampaikannya dengan baik kepada wisatawan,” ujar Sigit.

Pada kesempatan tersebut, juga diadakan penilaian lomba destinasi wisata Kabupaten Balangan, yang melibatkan 11 destinasi wisata dan menilai beberapa aspek, seperti keunikan, kebersihan, keamanan, kreativitas, pengelolaan, serta infrastruktur.

Dalam penilaian tersebut, Pokdarwis Desa Wisata Racah Mampulang dari Desa Balida, Kecamatan Paringin, keluar sebagai juara pertama, diikuti oleh Pokdarwis Karang Bintang dari Desa Ajung, Kecamatan Tebing Tinggi yang berhasil meraih posisi kedua.(Wahid)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال