DP3A P2KB PMD Balangan Perkuat Kampung KB untuk Percepatan Penurunan Stunting

Kegiatan Penguatan Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB). Foto/IST

POSSINDO.COM, Balangan -Upaya pengurangan angka stunting di Kabupaten Balangan terus digalakkan, salah satunya melalui inisiatif penguatan Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) yang diadakan di Mahligai Mayang Maurai, Paringin, pada Rabu, 9 Oktober 2024.

Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, serta Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3A P2KB PMD) Balangan, sebagai bagian dari program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana).

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan, Farah Adibah, menekankan pentingnya peran Kampung KB yang telah berdiri sejak 2016. Farah menegaskan bahwa Kampung KB kini menjadi komponen kunci dalam program nasional, khususnya untuk percepatan penurunan stunting yang masih menjadi tantangan di Kalimantan Selatan.

Dia berharap seluruh desa di Kalimantan Selatan dapat menjadi Kampung KB tahun ini sebagai salah satu strategi dalam mempercepat penurunan angka stunting.

Kepala Dinas P3A P2KB PMD Balangan, Akhmad Nasa’i, menambahkan bahwa seluruh desa di Kabupaten Balangan kini telah resmi mencanangkan Kampung KB, yang diresmikan oleh Bupati Balangan. Pencapaian ini menjadi langkah strategis dalam mendukung program nasional, terutama dalam mengurangi angka stunting.

"Semua desa di Kabupaten Balangan telah mencanangkan Kampung KB, dan kami melihat adanya peningkatan yang signifikan di desa-desa tersebut. Kami juga memiliki kader yang aktif hingga tingkat RT," jelasnya.

Akhmad juga menyoroti bahwa kehadiran kader KB di setiap desa telah memperlancar penguatan Kampung KB dan membuat pelaksanaan program lebih efisien.

"Alhamdulillah, dengan adanya kader KB hingga tingkat RT, proses penguatan Kampung KB menjadi lebih mudah. Kami berharap angka stunting di Balangan akan terus menurun ke depannya," tambah Akhmad.(Wahid)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال