Inovasi Baru Diskominfosan Balangan: CCTV Bajalanan untuk Tingkatkan Keamanan dan Kelancaran Lalu Lintas

Peluncuran Inovasi CCTV “Bajalanan” (Balihat Jalur Utama Balangan Online) di ruang rapat Diskominfosan Balangan, Paringin Selatan. Selasa, (01/10/2024). Foto/IST

POSSINDO.COM, Balangan -Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik, dan Persandian (Diskominfosan) Kabupaten Balangan memperkenalkan inovasi baru berupa CCTV “Bajalanan” (Balihat Jalur Utama Balangan Online). Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

CCTV Bajalanan bertujuan untuk memantau kondisi jalur utama di Kabupaten Balangan secara real-time. Sebanyak 10 kamera CCTV telah dipasang di lokasi-lokasi strategis, seperti di depan Kantor Bupati Balangan, Masjid Al Akbar, Bundaran Paringin, dan Pasar Paringin. Masyarakat dapat mengakses CCTV ini secara online untuk melihat kondisi di sepanjang jalur utama tersebut.

CCTV Bajalanan akan memantau kondisi jalan selama 24 jam untuk memberikan rasa aman yang lebih baik bagi warga Balangan.

Selain itu, inovasi ini diharapkan dapat mendorong peran serta masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan serta menggunakan teknologi dengan bijak.

Kepala Diskominfosan Kabupaten Balangan, M Nor, menyampaikan bahwa peluncuran ini dilakukan dengan melibatkan sejumlah instansi, termasuk Polres Balangan, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan Bapperida.

"Dengan keberadaan 10 titik CCTV ini, masyarakat dan pihak terkait dapat memantau kondisi lalu lintas dan kejadian lainnya secara langsung melalui internet," kata M Nor.

Ia berharap CCTV ini dapat mempermudah koordinasi antara Polres Balangan dan instansi terkait dalam menangani kecelakaan lalu lintas maupun masalah keamanan di jalan.

"Harapannya, sistem ini dapat mendukung tugas kepolisian dan Dinas Perhubungan dalam menangani kemacetan serta kecelakaan," tambahnya.

Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika (APTIKA) Diskominfosan Balangan, Murdiansyah, menambahkan bahwa inovasi ini diharapkan dapat mengurangi potensi tindak kejahatan dan meningkatkan disiplin berlalu lintas di masyarakat.

Murdiansyah juga menegaskan bahwa sistem ini akan terus dikembangkan agar lebih efektif dan mampu memberikan layanan berbasis teknologi yang lebih canggih di masa depan.

Melalui inovasi ini, Diskominfosan Balangan menunjukkan komitmen dalam menyediakan layanan publik yang lebih transparan dan berbasis teknologi, sekaligus meningkatkan keamanan dan ketertiban di wilayah Kabupaten Balangan.(Wahid)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال