Kabupaten Balangan Tingkatkan Kualitas Kebersihan dan Pengelolaan Lingkungan: Optimis Raih Kembali Adipura di 2024

Kepala Dinas Pertanahan dan Lingkungan Hidup (DPLH) Kabupaten Balangan, Aidinnor. Foto/ DPLH

POSSINDO.COM, Balangan -Dinas Pertanahan dan Lingkungan Hidup (DPLH) Kabupaten Balangan optimis terhadap peningkatan kualitas kebersihan dan pengelolaan lingkungan di wilayahnya. Pada tahun 2023, Balangan sukses meraih sertifikat Adipura, dan harapannya, pencapaian tersebut dapat lebih baik lagi pada tahun ini.

Aidinnor, Kepala DPLH Balangan, menjelaskan bahwa saat ini hasil penilaian dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) masih dalam tahap rekapitulasi, dan selanjutnya akan diajukan ke Dewan Pertimbangan Adipura di tingkat pusat.

"Sampai Oktober ini, proses penilaian di seluruh wilayah Indonesia belum sepenuhnya selesai. Kami masih menunggu hasil dari monitoring dan penilaian lanjutan," ujar Aidinnor, Senin (07/10/2024).

Dia berharap penilaian tersebut akan memberikan pandangan yang lebih jelas mengenai area yang memerlukan perbaikan. Menurutnya, proses penilaian di Balangan berjalan dengan baik, di mana tim penilai provinsi telah mengunjungi semua titik pantau yang ditentukan.

"Beberapa area yang menjadi fokus penilaian meliputi Tempat Pengelolaan Sampah 3R, kawasan komersial, dan jalan arteri. Lokasi-lokasi ini mendapat perhatian khusus dari tim penilai," tambahnya.

Aidinnor juga menghimbau masyarakat untuk terus menjaga kebersihan lingkungan. DPLH aktif melakukan sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran warga akan pentingnya menjaga kebersihan dan lingkungan.

Mengenai penilaian Adipura 2024, Aidinnor berharap Balangan dapat meraih prestasi yang lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.(Wahid)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال