Klaim Tak Akan Ikut Campur, Jokowi Ingin Transisi Pemerintahan Berjalan Mulus

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Prabowo Subianto menghadiri acara perayaan HUT ke-79 TNI di Monumen Nasional (Monas). Foto/ANTARA FOTO/Fauzan

POSSINDO.COM, Nasional -Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan presiden terpilih Prabowo Subianto soal sejumlah hal agar bisa segera diselesaikan jelang transisi pemerintahan baru pada 20 Oktober mendatang.

Menurut Jokowi beberapa hal itu seperti badan-badan hingga aturan undang-undang. Jika semua itu disiapkan, dia meyakini transisi keberlanjutan akan berjalan dengan mulus.

"Badan-badan perlu dipersiapkan sebelum pelantikan saya kira, undang-undang, juga bisa diselesaikan. Saya kira akan memuluskan keberlanjutan, akan melancarkan nanti memuluskan juga di hari pelantikan di tanggal 20 Oktober mendatang," kata Jokowi, Sabtu (5/10).

Pernyataan itu ia sampaikan usai menghadiri peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-79 TNI di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Jokowi pada kesempatan itu mengatakan dirinya tak mau ikut campur dalam proses penyusunan kabinet. Menurut dia, kabinet ke depan sepenuhnya merupakan hak prerogatif presiden.

"Mengenai kabinet itu hak, seratus hak prerogatif presiden," kata Jokowi.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming akan secara resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden kedelapan RI pada 20 Oktober. Bersamaan dengan itu, dia juga akan mengumumkan nama-nama atau susunan kabinetnya ke depan.

Sumber : cnnindonesia.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال