Nama Android 16 Dikabarkan Bukan dari Huruf “W”: Stop Tradisi Penamaan Kue Sesuai Abjad?

Ilustrasi Android 16. Foto/androidauthority

POSSINDO.COM, Ragam -Sejak sistem operasi (OS) smartphone Android 1.5 dirilis, Google memiliki tradisi untuk menggunakan nama kode (codename) kue atau camilan yang memiliki awalan huruf berurutan secara alfabet.

Android versi 1.6, 2.0-2.1, 2.2, 2.3, 3.0, 4.0, 4.1-4.3, 4.4, 5.0-5.1, hingga 6.0, misalnya, masing-masing memiliki nama kode Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, KitKat, Lollipop, dan Marshmallow.

Hal ini berlanjut dengan Android versi 7.0-7.1, 8.0-8.1, 9, 10, 11, 12-12L, 13, 14, hingga 15 dengan nama kode masing-masing Nougat, Oreo, Pie, Quince Tart, Red Velvet Cake, Snow Cone, Tiramisu, Upside Down Cake, dan Vannila Ice Cream.

Nah pada Android 16 nanti, nama kode yang dipakai kabarnya tak akan melanjutkan codename dari Vanilla Ice Cream. Alih-alih menggunakan camilan dengan awalan huruf "W", Google disebut akan memakai nama kode dengan awalan huruf B, yaitu "Baklava" pada versi 16.

Secara ide nama, Google sebenarnya masih menggunakan nama kue untuk versi Android mereka, lantaran Baklava merupakan kue pastry asal Turki yang memang populer di sana. Lantas, mengapa Google memilih nama ini?

Nama kode Baklava untuk Android 16 terlihat di elemen kode Platform.(AndroidAuthority)

OS Android 16 tahap awal sendiri kabarnyasudah tercantum dalam repositori OS Android yaitu Android Open Source Project (AOSP). Di AOSP, biasanya para pengembang bisa melihat sekaligus mengotak-atik dan memodifikasi versi Android yang sudah terdaftar di sana. 

Nah, dalam satu kode, deskripsi kode "min_sdk_version" untuk Android 16 ternyata diganti ke "Baklava". Pada Android 15, elemen kode ini memiliki deskripsi atau isi "VanillaIceCream" yang merupakan nama kode penerus Android 14 tersebut. 

Selain itu, elemen kode "PlatformSdkCodename" juga berisi "Baklava", bukan sesuatu atau kue yang berasal dari huruf "W" yang melanjutkan huruf "V" di nama kode Android 15 Vanilla Ice  Cream.

Belum ada informasi mengapa Google tak melanjutkan penamaan Vanilla Ice Cream untuk Android 16. Padahal, masih ada beberapa kue yang memiliki awalan huruf W, seperti Waffle, Wafer, Whoopie Pie, dan lain sebagainya. 

Belum ada kejelasan juga apakah Google akan benar-benar beralih ke Baklava untuk nama kode Android 16 mereka atau tidak. Sebab, pengembangan OS Android 16 belum diumbar ke publik. 

Sumber : kompas.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال