Pemkab Balangan Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Sekda Tekankan Pentingnya Nilai Luhur Pancasila

Sekretaris Daerah Kabupaten Balangan, Sutikno, saat Menyampaikan Amanat Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Foto/Humas Pemkab Balangan

POSSINDO.COM, Balangan -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan melaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman Kantor Bupati Balangan, Paringin Selatan, pada Selasa 01 Oktober 2024.

Sekretaris Daerah Kabupaten Balangan, Sutikno, memimpin jalannya upacara sebagai Inspektur Upacara. Acara ini dihadiri oleh para kepala SKPD, anggota Forkopimda, serta peserta dari kalangan ASN Pemkab Balangan, TNI, Polri, dan Satpol PP Balangan.

Setelah upacara, Sutikno menekankan pentingnya menanamkan nilai-nilai perjuangan dan kesadaran akan Pancasila sebagai dasar negara yang harus terus dijaga.

"Kita harus memahami bahwa berdirinya negara ini melalui proses panjang. Salah satunya adalah mempertahankan identitas bangsa melalui Pancasila," kata Sutikno.

Ia juga menegaskan pentingnya menjaga nilai-nilai luhur Pancasila, baik di kalangan masyarakat maupun di dalam pemerintahan.

"Harapan kami, nilai-nilai ini tetap terjaga, baik di masyarakat maupun di lingkungan pemerintahan. Kita harus bersama-sama menegakkan kepastian hukum berdasarkan nilai-nilai Pancasila," lanjutnya.

Sutikno juga menyoroti pentingnya merawat fasilitas umum dan lembaga pemerintahan, serta mengutamakan musyawarah mufakat dalam menyelesaikan masalah.

"Jika ada permasalahan, selesaikan dengan cara santun melalui musyawarah, sesuai dengan sila keempat Pancasila. Nilai-nilai ini sederhana dan sering kita lakukan tanpa disadari," tambahnya.(Wahid)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال