Perkuat Kerjasama Tangani Karhutla di Wilayah Perbatasan, BPBD Balangan dan HSU Lakukan MoU dan Simulasi Kesiapsiagaan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balangan dan BPBD Hulu Sungai Utara (HSU) Lakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU). Foto/BPBD Balangan

POSSINDO.COM, Balangan -Menindaklanjuti hasil koordinasi sebelumnya dengan BPBD Hulu Sungai Utara (HSU) mengenai penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di kawasan perbatasan antara HSU dan Balangan, BPBD Balangan melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Simulasi Kesiapsiagaan Bencana Karhutla.

Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara BPBD Balangan dan BPBD HSU tentang kerjasama penanggulangan bencana di daerah perbatasan kedua wilayah, yang bertempat di Desa Teluk Karya pada Rabu (02/10/2024).

Kepala Pelaksana BPBD Balangan, H. Rahmi, menyatakan bahwa bencana alam tidak mengenal batas administratif, sehingga kerjasama ini diperlukan untuk memastikan penanganan bencana di wilayah perbatasan Balangan-HSU dapat dilakukan secara terpadu.

"Dengan adanya MoU ini, kami sepakat untuk tidak saling mengandalkan satu sama lain saat terjadi bencana, tetapi harus bekerja sama, bersinergi, dan bersama-sama menangani bencana di wilayah perbatasan," jelasnya.

Sementara itu, Jumaidil Hairi, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Balangan, menambahkan bahwa Desa Teluk Karya dan Desa Beringin merupakan dua wilayah yang terletak di perbatasan Balangan-HSU.

Ia juga menekankan pentingnya kerjasama ini untuk saling mendukung dalam upaya penanggulangan bencana di kawasan perbatasan, sehingga kejadian Karhutla dapat diminimalisir.

Setelah penandatanganan MoU, tim dari kedua BPBD melanjutkan dengan latihan bersama tentang teknik penyemprotan air menggunakan selang sebagai bagian dari simulasi penanganan Karhutla.(Wahid)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال