Tahap Pertama Pemeriksaan Kebugaran Calon Jemaah Haji Balangan 2025 Dimulai

Petugas sedang Melakukan Pengecekan Kesehatan Salah Satu Calon Jemaah Haji Kabupaten Balangan Tahun 2025. Foto/Dinkes Balangan

POSSINDO.COM, Balangan -Proses pemeriksaan kebugaran bagi calon jemaah haji untuk tahun 2025 dimuali dengan menggelar tahap pertama pada Kamis (24/10/2024) di Lapangan Disporapar. Pemeriksaan ini bertujuan memastikan kesiapan fisik jemaah sebelum berangkat ke Tanah Suci.

Disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Ahmad Sauki, yang diwakili oleh Sanitarian Ahli Muda, tes kebugaran ini terbagi dalam dua tahap.

“Tahap pertama berlangsung hari ini, sedangkan tahap kedua dijadwalkan antara tiga hingga enam bulan mendatang,” ujarnya.

Dalam pemeriksaan ini, calon jemaah akan menjalani uji fisik, termasuk tes lari sejauh 1,6 km atau berjalan selama enam menit, sesuai arahan dari dokter setelah pemeriksaan awal. Selain itu, calon jemaah juga mengikuti serangkaian pemeriksaan kesehatan, meliputi pengukuran kolesterol, gula darah, dan asam urat.

“Fokus utama dari tes ini adalah untuk menilai kebugaran fisik calon jemaah, yang berbeda dari pemeriksaan kesehatan pada umumnya,” tambahnya.

Hasil pemeriksaan kebugaran ini akan digunakan sebagai acuan dokter dalam memberikan rekomendasi kebugaran atau resep khusus bagi jemaah yang belum mencapai standar kebugaran yang ditetapkan.

Ahmad menambahkan, pada tahap kedua nanti, evaluasi akan dilakukan untuk melihat perkembangan kebugaran para jemaah.

Pemeriksaan ini dianggap sangat penting mengingat ibadah haji memerlukan ketahanan fisik yang kuat untuk mendukung aktivitas ibadah.

Pada tahun 2025, sebanyak 109 calon jemaah haji dari Kabupaten Balangan diproyeksikan berangkat ke Tanah Suci dengan kesiapan fisik dan mental yang optimal.(Wahid)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال