Ternyata Ini Alasan Kode Telepon Indonesia Bernomor +62

Mungkin banyak yang penasaran, kenapa kode telepon Indonesia +62. Foto/X/@Warga6275185206

POSSINDO.COM, Ragam -Seperti diketahui, setiap negara di dunia memiliki kode telepon yang berbeda-beda. Kode telepon adalah angka paling depan yang menunjukkan asal negara nomor tersebut berasal.

Namun, bagaimana asal-usul Indonesia memiliki kode telepon +62? Sebelum itu, mari ketahui dulu sejarah penomoran berikut ini.

Sejarah nomor kode telepon

Kode telepon negara ditentukan oleh International Telecommunication Union (ITU), sebuah badan khusus dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk teknologi dan komunikasi yang didirikan pada 1865.

ITU berperan dalam mengalokasikan spektrum radio global dan orbit satelit, seta mengambangkan standar teknis untuk memastikan konektivitas jaringan dan teknologi saling terhubung.

Dilansir dari Guardian (2011), ITU menciptakan kode telepon pada awal 1960-an dengan membagi negara dalam sembilan wilayah.

    Zona 1: Amerika Utara dan Amerika Tengah

    Zona 2: Afrika

    Zona 3: Eropa

    Zona 4: Eropa

    Zona 5: Amerika Selatan

    Zona 6: Oseania, Australia, dan lain-lain

    Zona 7: Rusia

    Zona 8: Asia Timur

    Zona 9: Asia Barat dan Timur Tengah

Mengapa kode telepon Indonesia +62?

Dikutip dari Indonesiabaik.id, Indonesia terletak di kawasan Asia Tenggara yang secara geografis berada dekat dengan Oseania dan Australia. Oleh karena itu, Indonesia termasuk ke dalam zona 6.

Angka zona tersebut kemudian digunakan sebagai digit awal kode telepon Indonesia. Sementara angka 2 mencerminkan kapasitas jaringan di Tanah Air.

Sebelum angka 62, penting untuk menambahkan tanda (+). Fungsinya untuk menunjukkan kode negara. Sebab, tanpa tanda tersebut, 62 hanyalah rangkaian angka biasa.

Perlu diketahui, menggunakan kode +62 di awal memungkinkan pengguna bisa melakukan telepon ke luar negeri. Sementara, bila nomor diawali dengan angka 0, jangkauannya hanya di dalam negeri saja.

Sumber : kompas.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال