Tingkatkan Sinergi dalam Penanggulangan Karhutla, BPBD Balangan Jalin Koordinasi dengan Manggala Agni

BPBD Balangan melakukan kunjungan koordinasi ke Manggala Agni Wilayah VI Kalimantan yang berlokasi di Kabupaten Tanah Laut. Foto/BPBD Balangan

POSSINDO.COM, Balangan -Dalam rangka memperkuat upaya penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Balangan, BPBD Balangan melakukan kunjungan koordinasi ke Manggala Agni Wilayah VI Kalimantan yang berlokasi di Kabupaten Tanah Laut pada Rabu (09/10/2024).

Jumaidil Hairi, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Balangan, menjelaskan bahwa langkah ini diambil untuk membangun sinergi dalam menghadapi bencana, khususnya karhutla. Koordinasi ini juga bertujuan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia baik dari personel BPBD maupun masyarakat, serta memberikan edukasi terkait pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan.

"Kami berharap, melalui kesepahaman dan sinergi yang terjalin antara BPBD Balangan dan Balai Pengendalian Iklim serta Kebakaran Hutan Kalimantan melalui Manggala Agni Daops VI, kejadian karhutla di Balangan dapat diminimalisir," kata Jumaidil.

Ia menambahkan, koordinasi yang dilakukan oleh BPBD Balangan, khususnya Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, bertujuan menjaga Banua Sanggam tetap aman dan bebas dari ancaman kebakaran hutan.

Sebelumnya, BPBD Balangan telah bekerja sama dengan Manggala Agni Daops VI dalam hal pemantauan titik panas (hotspot) dan penanganan karhutla, serta melakukan patroli bersama melalui Posko Gabungan.

Sebagai upaya untuk semakin mendekatkan layanan kepada masyarakat di wilayah Banua Enam, khususnya Balangan, Manggala Agni kini telah memiliki pos kerja di Kecamatan Batumandi. Kehadiran pos tersebut diharapkan dapat membuat wilayah Balangan lebih siap menghadapi potensi bencana karhutla.

"Ke depan, BPBD Balangan akan terus mempererat kerja sama dan membangun sinergi baru melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakan bersama-sama," pungkasnya.(Wahid)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال