Tingkatkan Transparansi, Pemkab Balangan Selenggarakan Pelatihan Pengelolaan Keuangan BUMDes

Kegiatan Workshop Digitalisasi Pengelolaan Keuangan BUMDes, berlangsung di Hotel G'Sign, Banjarmasin. Foto/IST

POSSINDO.COM, Balangan -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan mengadakan Workshop Digitalisasi Pengelolaan Keuangan BUMDes yang ditujukan kepada kepala desa, sekretaris, dan bendahara BUMDes. Acara ini berlangsung mulai 3 hingga 6 Oktober 2024.

Dalam kegiatan ini, sambutan disampaikan oleh Pjs Bupati Balangan, Taufik Hidayat, melalui perwakilan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk serta Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (P3A P2KB PMD) Kabupaten Balangan, Akhmad Nasa’i. Dalam sambutannya, Nasa’i menyoroti pentingnya pengelolaan keuangan desa.

Ia menekankan bahwa setiap desa memiliki potensi ekonomi yang beragam. Namun, menurutnya, potensi tersebut sering tidak tergali dengan baik karena kurangnya kemampuan dalam mengidentifikasi peluang dan minimnya upaya untuk memanfaatkannya.

"Pengelolaan keuangan BUMDes bukan hanya soal pencatatan administratif, tetapi merupakan amanah yang harus dilakukan dengan penuh transparansi. BUMDes memegang peranan strategis dalam mendorong ekonomi desa," kata Nasa’i.

Lebih lanjut, Pjs Bupati juga mengingatkan bahwa pengelola BUMDes memiliki tanggung jawab yang besar dalam mengelola dana yang masuk dan keluar. Dana tersebut harus dikelola secara cermat dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Pengelola BUMDes memikul tanggung jawab yang sangat penting. Setiap dana yang dikelola harus dipastikan penggunaannya tepat sesuai dengan regulasi," tambahnya.

Selain itu, ia menekankan bahwa keberhasilan pembangunan dan pengembangan potensi ekonomi desa sangat bergantung pada kecermatan pengelola BUMDes dalam memanfaatkan sumber daya yang ada.

Sebagai penutup, Pjs Bupati berharap agar para peserta workshop dapat memanfaatkan pelatihan ini sebaik mungkin, khususnya terkait pengelolaan keuangan BUMDes secara digital. Ia juga mendorong peserta untuk aktif berinteraksi dan bertanya jika ada hal yang belum jelas.(Wahid)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال