Visitasi Perpustakaan Desa di Kapuas: Evaluasi Kualitas Layanan dan Akses Literasi

Kadisarpustaka Kapuas Suwarno Muriyat bersama Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca (P3KM) Norli Oriesta dan Kades Tambun Raya Dwi Pujiati saat menerima Asesor Perpusnas Arizal, pada Visitasi Akreditasi Perpusdes di Desa Tambun Raya. Kamis, (24/10/2024). Foto/IST

POSSINDO.COM, Kapuas -Puluhan perpustakaan desa (perpusdes) di Kabupaten Kapuas yang menerima program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) tahun 2024, tersebar di beberapa kecamatan, sedang menjalani visitasi akreditasi oleh asesor dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas).

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Kadisarpustaka) Kapuas, Suwarno Muriyat, bersama Kabid P3KM Hj. Norli Oriesta, yang mendampingi proses visitasi, menyampaikan rasa terima kasih kepada Perpusnas atas dukungan berupa buku, rak, serta pembinaan yang disertai akreditasi.

"Syukur Alhamdulillah, sebelas perpustakaan desa di Kabupaten Kapuas telah menerima 11.000 buku lengkap dengan raknya pada pertengahan tahun ini," ujar Suwarno.

Proses visitasi akreditasi ini bertujuan untuk mengevaluasi kesiapan dan mutu pengelolaan perpustakaan desa dalam menyediakan layanan inklusif yang dapat mendorong perubahan sosial, ekonomi, serta budaya di tengah masyarakat.

Visitasi juga memastikan bahwa perpustakaan desa tersebut telah memenuhi standar nasional, baik dari segi infrastruktur, koleksi, maupun program literasi yang dijalankan.

"Akreditasi perpustakaan ini merupakan pengakuan atas kualitas perpustakaan desa dalam meningkatkan akses literasi serta memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat," jelas Suwarno Muriyat.(Glas)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال